The Blog

Memilih Gaun Pengantin yang Ideal

Semua wanita tentunya ingin menjadi wanita paling cantik di hari pernikahannya. Oleh karenanya, gaun pengantin merupakan salah satu elemen yang penting dalam momen berbahagia itu. Namun, seringkali wanita keliru dalam memilih gaun pengantin hanya karena ingin tampil cantik.
Agar lebih sempurna, berikut ini merupakan 5 tips dalam memilih gaun pengantin yang ideal

Tentukan Bujet
Membeli baju pengantin membutuhkan pengeluaran yang cukup besar. Sebaiknya pikirkan matang-matang sebelum Anda membelinya. Jika sudah mantap untuk membelinya, tentukan range harga yang menjadi patokan. Sehingga, baju yang dibeli dapat memenuhi keinginan, tapi tidak berlebihan.

Menjadi Diri Sendiri
Pilihlah gaun pengantin yang benar-benar menunjukkan kepribadian Anda. Jika Anda ingin membuatnya, tunjukkan selera mode Anda kepada perancang busana. Hal itu bisa dilakukan dengan menunjukkan foto-foto baju dan aksesoris yang Anda suka dari majalah. Namun, foto yang ditunjukkan tidak harus busana pengantin. Dengan cara ini, perancang busana bisa memahami bagaimana karakter pengantin.

Pilihlah Gaun Sepraktis Mungkin
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat hari pernikahan tentunya akan menguras banyak tenaga. Mulai dari bersalaman dengan seluruh tamu yang hadir, melakukan serangkaian ritual adat, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih atau membuat gaun pengantin yang praktis digunakan.

Bahan yang Nyaman
Dalam memilih gaun pengantin, bahan merupakan salah satu faktor yang penting. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan nyaman dikenakan baik siang maupun malam. Selain itu, jika anda memiliki kulit yang sensitif, hindari bahan-bahan seperti lace dengan aksen bulu, atau bahan apapun  yang membuat reaksi alergi pada tubuh Anda.

Sesuaikan dengan Lokasi Pernikahan
Sebelum memilih gaun pengantin, calon pengantin harus mengetahui acara akan diadakan indoor atau outdoor. Jika dengan konsep outdoor, pilihlah gaun pengantin yang nyaman dan mudah dikenakan. Sebaiknya pilih bahan yang ringan agar dapat memudahkan ruang gerak Anda.

Tips Memilih Wedding Organizer yang Tepat

Bagi pasangan yang sudah dewasa, maka diwajibkan untuk melaksanakan pernikahan. Gunanya tentu saja untuk meresmikan ikatan perkawinan secara agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial.

Nah, persoalan muncul bagi Anda yang terbilang sibuk. Tentu tidak banyak waktu untuk mengurus berbagai keperluan menikah. Dalam hal ini biasanya dibutuhkan konsultan pernikahan atau Wedding Organizer yakni sebuah perusahaan jasa yang akan membantu menyiapkan acara pernikahan Anda. Mulai dari persiapan sampai acara puncak.

Karena begitu pentingnya fungsi dari Konsultan atau Wedding Organizer ini, maka diperlukan beberapa langkah tepat. Agar Anda mendapatkan pesta yang diharapkan dan berlangsung sesuai dengan rencana yang telah ditentukan.

Seperti dikutip dari lifeguide, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan;

Cari Wedding Organizer melalui teman-teman Anda, anggota keluarga, dan rekan kerja. Ucapan dari mulut adalah cara lama yang terbukti untuk menemukan Wedding Organizer yang tepat. Bahkan, jika Anda tidak mampu menyewa konsultan pernikahan untuk merencanakan seluruh pernikahan Anda, akan menjadi sebuah ide bagus jika Anda berkonsultasi dengan Wedding Organizer pernikahan terkemuka di kota Anda. Uang yang Anda keluarkan untuk konsultasi awal dengan perencana pernikahan dapat Anda simpan untuk menghemat biaya Anda.

Pastikan anda memilih Wedding Organizer yang terbaik. Lebih banyak yang Anda temui, maka Anda akan lebih mengetahui tentang harga dan kualitas dari masing-masing Wedding Organizer. Anda harus mempertimbangkan setidaknya 2 sampai 3 Wedding Organizer untuk setiap produk atau jasa yang Anda rencanakan untuk digunakan pada saat hari pernikahan Anda.

Jangan lupakan hitam di atas putih. Bahkan jika Anda menemukan Wedding Organizer yang dapat dipercaya, Anda harus selalu membuat perjanjian di atas kertas. Dokumen-dokumen yang menjelaskannya juga harus detail. Perincian ini akan memastikan bahwa Anda dan Wedding Organizer tersebut saling memahami.

Tanyakan kepada Wedding Organizer Anda apakah Anda bisa berbicara dengan pelanggan mereka sebelumnya. Ini adalah berita buruk, jika Wedding Organizer tidak membuat referensi untuk Anda. Bisnis yang bagus pasti mempunyai referensi, jadi jangan ragu untuk bertanya. Setelah Anda mendapatkan referensi, pastikan Anda menghubungi mereka dan bertanya tentang informasi yang Anda perlukan.

BungaKinasih Wedding Organizer Yogyakarta akan membantu anda untuk mewujudkan pernikahan yang anda impikan.

 

5 Tips Pernikahan Untuk Para Pengantin Baru

Kehidupan baru bersama tentunya membutuhkan banyak penyesuaian. Memang tak semua tak selalu seindah impian, tapi Anda pasti bisa melaluinya jika memperhatikan beberapa tips dari Dr. Terri Orbuch, penemu ‘Early Years of Marriage project’, seperti yang dikutip dari sheknows berikut ini.

1. Bersikap Terbuka Mengenai Uang
Menyimpan masalah sendiri ataui penghasilan tanpa memberitahu pasangan bisa menjadi malapetaka di kemudian hari. Sebuah penelitian melakukan survei terhadap pasangan bahagia yang baru menikah, apakah pasangan mereka jujur dan terbuka mengenai uang dan jawabannya pun berbeda jauh dengan pasangan yang tak bahagia. 8 dari 10 pasangan bahagia mengatakan bahwa mereka merasa bahwa pasangannya selalu memberi tahu semua hal mengenai keuangan, dibandingkan dengan pasangan lain yang tidak melakukannya. Pada intinya, tidak terbuka atau bahkan berbohong mengenai keuangan bisa menyebabkan masalah besar suatu hari nanti.

2. Mendiskusikan Masalah Kecil
Masalah kecil seperti, menaruh handuk basah di sembarang tempat atau tidak menutup toilet dengan baik, merupakan penyebab pertengkaran paling sering antara pasangan, terutama yang baru menikah. Namun tak sedikit pasangan yang merasa malas untuk mendiskusikan hal-hal kecil tersebut.

Menurut Dr. Terri Orbuch, hal itu justru bisa menjadi measalah besar di kemudian hari. “Penelitian saya menemukan bahwa pasangan yang tidak membicarakan hal kecil yang menganggu, membiarkannya tumbuh menjadi amarah besar, lebih cenderung tidak bahagia dalam kehidupan pernikahan mereka,” ujar Orbuch. Oleh karena itu, apapun hal yang mengganggu Anda, selalu usahakan untuk mendiskusikannya dengan baik.

3. Tujukan Apresiasi Tiap Harinya
Penelitian Orbuch juga menunjukkan bahwa akumulasi perbuatan baik yang sederhana sangat penting untuk membangun ikatan perkawinan yang kuat. Apresiasi di sini bukan berarti Anda harus memberikan hadiah mahal, tapi buatlah pasangan merasa spesial dengan ciuman, pelukan atau masakan kesukaannya setelah ia melakukan sesuatu dengan benar. Semakin seseorang merasa dihargai, semakin besar pula keinginan untuk menunjukkan rasa cintanya itu.

4. Bersenang-senang Bersama
Menurut penelitian Orbuch, pasangan menikah yang bahagia mendeskripsikan bahwa kehidupan mereka menyenangkan karena bisa melakukan hal apapun bersama pasangannya. Sebaliknya, pasangan yang jarang melakukan hal menyenangkan bersama, tidak merasa behagia.

“Carilah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama. HLa seperti ini bisa mengurangi rutinitas pernikahan dan membuat ikatan diantara Anda berdua menjadi lebih kuat,” ungkat Orbuch.

5. Memperluas Pertemanan
Memiliki hubungan dekat dengan beberapa teman dan keluarga pasangan dapat beakibat baik untuk kehidupan pernikahan Anda. “Penelitian saya menemukan, bahwa suami, khususnya, lebih bahagia ketika istrinya memiliki hubungan yang baik dengan keluarga besar mereka. Begitu juga dengan pasangan yang memiliki banyak teman, jauh lebih bahagia ketimbang mereka yang seringkali dilarang hangout,” jelas Orbuch.

Mengapa memperluas hubungan itu penting? Karena semakin dekat Anda dengan keluarga dan sahabat, semakin banyak pula dukungan yang bisa didapat ketika Anda dan pasangan mengalami masalah rumah tangga dan itu membuat Anda jadi lebih mudah untuk mengatasinya.

Tips dan Lokasi Recommended untuk Foto Prewedding di Jogja

Bagi anda yang mencari lokasi foto prewedding di Jogja, berikut ini adalah tips dan  lokasi-lokasi yang direkomendasikan dan bisa menjadi bahan pertimbangan anda.

Bagi anda yang menginginkan tema western, mungkin anda bisa mengunjungi daerah Panggang. Disana banyak perdu-perdu dan tebing kapur.  Jika anda menginginkan suasana pantai, anda bisa mengunjungi sejumlah pantai di daerah Gunungkidul seperti Pantai Wediombo, Renehan, Ngobaran, dll. Pantai di daerah Gunungkidul cenderung lebih bersih dari sampah, sehingga foto-foto yang dihasilkan akan lebih indah. Untuk mendapatkan tema foto yang berkesan playful dan kreatif, anda dapat mengunjungi Taman Pintar / Taman Budaya Yogyakarta yang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan lokasi foto prewedding anda.

Carilah lokasi yg nyaman untuk berfoto, perlu diingat kebanyakan calon pengantin tidak biasa untuk difoto, sehingga pose-pose nya tidak seluwes bak  fotomodel. Banyak calon pengantin yang tidak biasa dgn kehadiran banyak orang di sekitar lokasi pemotretan. Dengan demikian, lokaso yang nyaman dan private sangat dianjurkan, hanya bagi anda dan pasangan, fotografer, dan make up artist anda.

Sangat dianjurkan untuk mencari lokasi yang menyediakan tempat touch-up makeup dan ruang ganti baju, apabila tempat yang akan anda kunjungi adalah semacam villa/hotel, petugas disana bisa membantu anda untuk menyediakan ruang khusus untuk retouch dan ganti baju. Sebagai tips, apabila di lokasi foto tidak tersedia fasilitas diatas, mungkin anda bisa membawa kain sarung untuk kain penutup ketika anda berganti busana.
Lokasi yang menyediakan makanan, atau dekat dengan penjual makanan bisa menjadi nilai plus, karena biasanya pemotretan memerlukan waktu relatif lama sehingga anda dan crew akan melakukan makan siang di lokasi.
Apabila lokasi yg didatangi tidak tersedia makanan, siapkanlah bekal dr rumah supaya anda tidak kelaparan.
Apabila anda berencana untuk mendatangi lebih dr satu lokasi, jangan lupa untuk mempertimbangkan jarak antar lokasi serta traffic yang akan dilalui. Tanyakan kepada fotografer anda, apakah memungkinkan untuk berfoto di lokasi-lokasi tersebut dalam satu hari, mintalah fotografer anda untuk membantu membuat rundown acara, sehingga sesi foto bisa dilakukan tepat waktu dan sesuai rencana.
Untuk kemudahan dan efisiensi waktu, sebaknya carilah lokasi kedua dan seterusnya yg berdekatan dgn lokasi pertama. Cobalah cari info apakah di dekat lokasi foto anda terdapat objek foto yang bisa diabadikan juga.
Anda juga bisa mencari satu lokasi yg luas dan terdiri dari beragam tema, sehingga di satu lokasi ini anda bisa memperoleh banyak spot yang berbeda untuk berfoto. Dengan demikian anda tidak usah mencari lokasi kedua dan seterusnya, tentunya akan hemat waktu dan hemat energi.

Mempersiapkan Pernikahan Ditengah Kesibukan Anda

Mempersiapkan pernikahan sambil tetap melakukan aktifitas bekerja di kantor seperti biasa butuh kecerdikan tersendiri. Menggunakan jasa sebuah Wedding Organizer dapat anda pertimbangkan untuk membantu anda dalam mempersiapkan segala sesuatu tentang pernikahan impian anda.

Hmmm kedengarannya seperti melakukan hal yang mustahil. Menjalankan rutinitas kantor sekaligus mempersiapkan pernikahan. Anggap saja kesempatan ini sebagai tantangan baru yang harus dilalui. Inilah kunci keberhasilan Anda mempersiapkan pernikahan sambil tetap mempertahankan pekerjaan Anda.

Pekerjaan Tetap Prioritas Pertama

Konsep pernikahan apa yang mau dipilih atau katering mana yang makanannya paling sesuai dengan budget? Pertimbangan-pertimbangan seperti ini pastinya akan menggelayuti pikiran di antara kertas kerja yang tak jua berkurang atau di tengah-tengah rapat dengan pimpinan. Baik pekerjaan maupun rencana pernikahan, keduanya memang sangat penting bagi Anda. Agar jangan larut dengan kebingungan ini, Anda harus menetapkan prioritas dan untuk saat ini pekerjaan adalah prioritas utama Anda. Tidak ada salahnya Anda menunjukkan rasa hormat pada pekerjaan dan prestasi karir yang selama ini sudah Anda capai. Jangan ragu untuk me-reschedule janji dengan para vendor jika pekerjaan memaksa Anda untuk bekerja lebih lama di kantor dan waktunya bertepatan dengan janji bertemu dengan beberapa vendor.

Buat yang lebih sederhana

Semakin sederhana, semakin sedikit yang harus diurus dan semakin sedikit pula perhatian serta energi untuk mewujudkannya. Bukannya tidak boleh, wanita yang bekerja mewujudkan pernikahan impiannya yang megah bak royal wedding. Bila Anda dapat mengurus berbagai macam persiapannya dengan mendelegasikan beberapa tugas Anda pada orang lain, tentunya tidak akan menjadi masalah. Tapi bila pekerjaan Anda sedang menghadapi masalah kritis atau Anda baru saja masuk ke tempat kerja ini, lebih baik Anda menyederhanakan pesta pernikahan yang akan digelar nantinya.

Minimalis penggunaan fasilitas kantor

Isu sensitif yang kerap menjadi bahan perbimcangan di kantor adalah fasilitas kantor. Bila digunakan terlalu banyak untuk kepentingan pribadi, perusahaan pun akan merasa dirugikan. Pandai-pandailah menggunakan telfon, fax kantor atau berselancar di dunia maya di kantor. Daripada beresiko ditegur untuk urusan yang satu ini, lebih baik Anda menggunakan telfon seluler Anda sendiri.

Jam Kerja adalah Jam Kerja

Harus menghubungi vendor ini itu bukan alasan Anda menggunakan jam kerja. Untuk menelpon berbagai vendor lakukan pada saat makan siang atau setelah jam kerja. Begitu pula jika membuat jadwal pertemuan dengan vendor . Lakukan setelah jam kerja atau di akhir pekan. Pembicaraan atau sekedar fitting di tengah-tengah jam kerja akan menghasilkan keputusan yang terburu-buru karena Anda sedang dalam keadaan stres dan tidak dapat berkonsentrasi pada inti masalah.

Komunikasikan dengan atasan

Informasikan kepada atasan akan niat Anda untuk menikah dan  untuk itu, Anda akan mempersiapkan banyak hal sementara Anda bekerja. Untuk waktu kerja yang terpakai dalam mengurus persiapan pernikahan, Anda dapat meminta izin untuk menggantinya, baik dengan pulang lebih lambat atau bekerja di akhir pekan. Selain persiapan pernikahan, informasikan juga tentang rencana bulan madu yang akan mengambil waktu beberapa hari. Bersikap bijaksanalah dengan apa yang Anda minta.

Pengaturan yang lebih baik

Pengaturan yang baik adalah salah satu kunci sukses dalam menggabungkan pekerjaan dengan rencana pernikahan. Jika Anda terbiasa bekerja dengan pengaturan dan pengorganisasian diri yang baik, maka mengatur pernikahan tidak perlu mengganggu pekerjaan rutin Anda dan pekerjaan pun tidak akan terbengkalai. Gunakan Wedding Planner untuk mencatat detail tanggal dan waktu yang berhubungan dengan pernikahan Anda. Miliki pula satu folder dalam laptop atau computer untuk dijadikan tempat curahan pikiran dan hati dalam mempersiapkan pernikahan ini.

Atur Emosi

Mungkin ada satu atau dua hal yang tidak berkenan di hati Anda, terutama yag berhubungan dengan persiapan pernikahan, jangan salah sasaran dalam melampiaskannya. Rekan kerja bukanlah sasaran yang tepat. Jadi, tinggalkan urusan pernikahan di rumah, dan bawa suasana hati yang baik dan positif ke kantor. Batasi pembicaraan tentang pernikahan ke orang-orang yang memang berminat akan hal tersebut. Toh, tidak perlu semua orang tahukan, siapa make up artist yang nanti akan Anda gunakan nanti.

Minta Tolong Wedding Planner

Jika pekerjaan Anda tak bisa dikerjakan bersama dengan persiapan pernikahan, mintalah jasa orang-orang yang memang berprofesi sebagai Wedding Planner untuk meringankan beban Anda. Banyak pekerjaan yang bisa Anda delegasikan pada mereka untuk menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, berkat pengalaman mereka, Anda tidak perlu mencari vendor yang paling tepat untuk acara yang paling penting dalam hidup Anda. Percayalah, banyak yang bisa mereka lakukan untuk membantu Anda.  Segera cek keberadaan Wedding Planner kepercayaan Anda.

Persiapan Pernikahan dengan Dana Terbatas

Banyak pasangan yang memiliki kendala dalam perencanaan pernikahan adalah dana untuk pesta. Sebenarnya apakah arti dari sebuah pelaksanaan resepsi pernikahan? Ada referensi yang menyatakan bahwa sebuah pernikahan haruslah diumumkan kepada masyarakat, seperti Indonesia saat memproklamasikan kemerdekaannya kepada negara-negara di seluruh dunia. Hal yang lazim adalah mengumumkan “pernikahan” melalui pesta resepsi pernikahan yang diselenggarakan. Pertanyaan yang muncul adalah apakah ada cara lain yang bisa dilakukan sebagai “media” untuk pengumuman ini? Anda tidak perlu wedding organizer, tapi Anda tetap bisa mengadakan layaknya wedding organizer.

Sumber pendanaan bisa berasal dari orangtua kedua calon mempelai, bisa juga hanya berasal kedua calon mempelai. Beberapa pertanyaan yang perlu dijawab di bawah ini berkenaan dengan pendanaan.

Berapa besar dana yang dialokasikan untuk perencanaan pernikahan ini, mulai dari lamaran, seserahan, malam midodareni, akad / pemberkatan nikah, acara adat, pesta pernikahan, bulan madu.
Apa saja yang dicover oleh dana ini.

Dengan menjawab kedua pertanyaan di atas, kita dapat melanjutkan kepada pertanyaan di bawah ini.

Berapa banyak tamu yang akan diundang dalam pengadaan pernikahan.
Apakah semua saudara, kerabat, teman perlu semuanya diundang.
Apakah memungkinkan untuk memilah mana yang perlu diundang, mana yang cukup diberitahu saja.

Dengan dana terbatas kita dapat lebih kreatif perencanaan pernikahan kita dengan perayaan semeriah mungkin tetapi dengan dana yang seminim mungkin. Menarik bukan?

Anda tidak disarankan untuk menghabiskan semua uang / harta yang anda miliki untuk pesta yang hanya akan berlangsung sehari atau malah semalam saja. Karena kebutuhan setelah resepsi pernikahan memerlukan dana yang tidak sedikit. Katakan biaya untuk sewa rumah. Apalagi setelah memiliki anak, maka biaya rumah tangga akan membengkak cukup drastis, mulai dari kebutuhan membeli susu, biaya ke dokter, biaya sekolah dan lain sebagainya.

Selamat merencanakan.